Ini Kunci Keberhasilan Jokowi Kumpulkan Semua Mantan Presiden Saat Upacara



Sudah 13 tahun lamanya momen kebersamaan seluruh mantan Presiden pada perayaan Hari Kemerdekaan dinanti. Pasalnya selama ini selalu saja ada alasan yang menyebabkan seluruh mantan president tidak bisa berkumpul pada saat upacara kemerdekaaan repoblik indonesia

Pertemuan itu bisa terjadi tentu tak lepas dari komunikasi yang baik dari Presiden Jokowi. Sehingga momen yang dirindukan itu terjadi pada HUT ke-72 RI.

Mensesneg Pratikno menjelaskan, tugas dirinya hanya menyampaikan undangan untuk para mantan Presiden dan wakil presiden. Peran selanjutnya justru banyak diambil oleh Jokowi.

Komunikasi sudah mulai dibangun dari beberapa pertemuan sebelumnya dengan para tokoh bangsa itu. Dari situlah hubungan dan komunikasi terus terjaga sampai akhirnya mereka hadir di Istana Merdeka.

"Iya, komunikasi Pak Jokowi kan bagus dengan beliau-beliau. Dengan Pak SBY bagus, Bu Mega apalagi, Pak BJ Habibie juga sering juga ke sini. Komunikasi bagus dari Pak Presiden kuncinya," kata Praktikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Jokowi memang sempat mengundang para mantan presiden untuk sekadar makan siang bersama di Istana Merdeka. Salah satu sosok yang paling ditunggu adalah kehadiran Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Akhirnya keduanya bertemu dan minum teh bersama di Beranda Istana Merdeka. Pola komunikasi itulah yang dirasa menjadi faktor utama kehadiran para mantan Presiden lengkap saat HUT Kemerdekaan.


"Iya, itu kan. Alhamdullilah semua hadir," pungkas Pratikno.

Sumber : liputan6.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Kunci Keberhasilan Jokowi Kumpulkan Semua Mantan Presiden Saat Upacara"

Posting Komentar